METODE PENELITIAN
Dalam proses pengembangan aplikasi server agen pulsa, dilakukan langkah-langkah
yang tahapannya mulai dari analisa kebutuhan, perancangan, penulisan coding program
sampai dengan tahap implementasi.
Pada proses pengumpulan data, digunakan metode studi pustaka dengan sumbernya
adalah media buku dan media internet. Dalam proses perancangan, dimulai dengan
perancangan antarmuka aplikasi, kemudian rancangan diterapkan kedalam program
dengan Java sebagai bahasa pemograman dan Netbeans sebagai editor program.
Sedangkan untuk membuat database digunakan MySQL. Penulisan coding pada
program ini lebih banyak dilakukan dengan menggunakan Java. Demikian juga pada
MySQL, pembuatan kordifikasi hanya untuk membuat database dan tabel. Terakhir
dilakukan implementasi bagaimana antarmuka aplikasi yang dibuat bekerja.
PEMBAHASAN
Dalam pembuatan antarmuka server transaksi pulsa terlebih dahulu direncanakan sistem
yang akan digunakan. Sistem yang digunakan merupakan sistem transaksi penjualan
pulsa, setiap transaksi yang terjadi akan dicatat dan dapat diubah kedalam bentuk
laporan bagi pengguna. Serta disediakan panduan bagi pengguna, sehingga berbagai
macam kesulitan dapat diatasi. Setiap konsumen yang telah terdaftar didalam sistem
diberi akses dalam melakukan transaksi penjualan pulsa.
Rancangan Tampilan
Dalam proses pengembangan aplikasi server agen pulsa, dilakukan langkah-langkah
yang tahapannya mulai dari analisa kebutuhan, perancangan, penulisan coding program
sampai dengan tahap implementasi.
Pada proses pengumpulan data, digunakan metode studi pustaka dengan sumbernya
adalah media buku dan media internet. Dalam proses perancangan, dimulai dengan
perancangan antarmuka aplikasi, kemudian rancangan diterapkan kedalam program
dengan Java sebagai bahasa pemograman dan Netbeans sebagai editor program.
Sedangkan untuk membuat database digunakan MySQL. Penulisan coding pada
program ini lebih banyak dilakukan dengan menggunakan Java. Demikian juga pada
MySQL, pembuatan kordifikasi hanya untuk membuat database dan tabel. Terakhir
dilakukan implementasi bagaimana antarmuka aplikasi yang dibuat bekerja.
PEMBAHASAN
Dalam pembuatan antarmuka server transaksi pulsa terlebih dahulu direncanakan sistem
yang akan digunakan. Sistem yang digunakan merupakan sistem transaksi penjualan
pulsa, setiap transaksi yang terjadi akan dicatat dan dapat diubah kedalam bentuk
laporan bagi pengguna. Serta disediakan panduan bagi pengguna, sehingga berbagai
macam kesulitan dapat diatasi. Setiap konsumen yang telah terdaftar didalam sistem
diberi akses dalam melakukan transaksi penjualan pulsa.
Rancangan Tampilan
Rancangan Database
Dalam program server transaksi pulsa, digunakan perangkat lunak MySQL untuk
pembuatan database. Dengan nama database adalah data_pulsa.
Tabel 1. Field yang digunakan pada database program
pembuatan database. Dengan nama database adalah data_pulsa.
Tabel 1. Field yang digunakan pada database program
UML Antarmuka Server Transaksi Pulsa
a) Use Case Diagram
a) Use Case Diagram
b) Class Diagram
c) Statechart Diagram
d) Activity Diagram
e) Sequence Diagram
Spesifikasi Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
Dalam membangun antarmuka server transaksi pulsa, digunakan beberapa perangkat
keras yaitu sebuah prosesor AMD Athlon 64 X2 3800+ 2 GHz, dua keping memori
yang berkapasitas 2GB dan 1GB, satu buah harddisk berkapasitas 320GB, sebuah
monitor 17 inch, sebuah keyboard dan sebuah mouse.
Disamping perangkat keras dibutuhkan juga perangkat lunak, adapun perangkat lunak
yang digunakan yaitu, sistim operasi Microsoft Windows XP SP2, editor bahasa
pemograman Netbeans 6.8, library Java JDK 1.6U18, program pembuat laporan iReport
3.7.3, program pembuat bantuan Adobe RoboHelp 8, editor java Notepad++, program
Adobe Photoshop CS4, Mozilla Firefox 3.6.8, serta XAMPP 1.7.2.
Antarmuka Server Transaksi Pulsa Dengan Perkembangan IMK
Pada server transaksi pulsa melibatkan tiga komponen transaksi, yaitu pengguna,
interaksi dan sistem traksaksi pulsa. Pengguna memberikan instruksi-instruksi kepada
server transaksi pulsa dan selanjutnya terjadi traksaksi pada sistem transaksi pulsa,
dimana transaksi ini merupakan interaksi yang terjadi antara pengguna dan sistem
transaksi server pulsa.
Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Manusia dan Komputer Pada Server
Transaksi Pulsa :
a) Faktor rekayasa perangkat lunak
b) Faktor multimedia
Dalam membangun antarmuka server transaksi pulsa, digunakan beberapa perangkat
keras yaitu sebuah prosesor AMD Athlon 64 X2 3800+ 2 GHz, dua keping memori
yang berkapasitas 2GB dan 1GB, satu buah harddisk berkapasitas 320GB, sebuah
monitor 17 inch, sebuah keyboard dan sebuah mouse.
Disamping perangkat keras dibutuhkan juga perangkat lunak, adapun perangkat lunak
yang digunakan yaitu, sistim operasi Microsoft Windows XP SP2, editor bahasa
pemograman Netbeans 6.8, library Java JDK 1.6U18, program pembuat laporan iReport
3.7.3, program pembuat bantuan Adobe RoboHelp 8, editor java Notepad++, program
Adobe Photoshop CS4, Mozilla Firefox 3.6.8, serta XAMPP 1.7.2.
Antarmuka Server Transaksi Pulsa Dengan Perkembangan IMK
Pada server transaksi pulsa melibatkan tiga komponen transaksi, yaitu pengguna,
interaksi dan sistem traksaksi pulsa. Pengguna memberikan instruksi-instruksi kepada
server transaksi pulsa dan selanjutnya terjadi traksaksi pada sistem transaksi pulsa,
dimana transaksi ini merupakan interaksi yang terjadi antara pengguna dan sistem
transaksi server pulsa.
Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Manusia dan Komputer Pada Server
Transaksi Pulsa :
a) Faktor rekayasa perangkat lunak
b) Faktor multimedia
c) Teknik penulisan
d) Faktor bisnis
e) Piranti Bantu Pengembangan Server Transaksi Pulsa
Pendekatan Desain Antarmuka Server Transaksi Pulsa
Berdasarkan penjelasan yang dikemukakan oleh Eberts (1994) ada empat pendekatan
yang digunakan dalam mengembangkan antarmuka pengguna. Pada server transaksi
pulsa diperlukan kemampuan seorang administrator dalam menggunakan antarmuka
server transaksi pulsa. Sehingga pengguna memelukan kemampuan otak dalam
menggunakan server transaksi pulsa. Pendekatan yang sesuai dengan pengembangan
server transaksi pulsa ini adalah pendekatan kognitif.
Uji Coba Antarmuka Server Transaksi Pulsa
Adapun tanggapan yang diberikan pengguna mengenai antarmuka yang diberikan sudah
termasuk mudah untuk digunakan, namun dalam penggunaan muncul juga pertanyaan
dari pengguna mengenai beberapa fungsi menu yang ada pada antarmuka server
transaksi pulsa. Pertanyaan yang muncul dari pengguna antarmuka dalam tahap uji coba
antara lain :
1) Halaman apakah yang akan tampil setelah halaman Login ?
2) Apakah kegunaan dari halaman anggota ?
3) Bagaimana dengan masalah downline dan pembagian bonus dalam
pengoperasian antarmuka server transaksi pulsa ?
d) Faktor bisnis
e) Piranti Bantu Pengembangan Server Transaksi Pulsa
Pendekatan Desain Antarmuka Server Transaksi Pulsa
Berdasarkan penjelasan yang dikemukakan oleh Eberts (1994) ada empat pendekatan
yang digunakan dalam mengembangkan antarmuka pengguna. Pada server transaksi
pulsa diperlukan kemampuan seorang administrator dalam menggunakan antarmuka
server transaksi pulsa. Sehingga pengguna memelukan kemampuan otak dalam
menggunakan server transaksi pulsa. Pendekatan yang sesuai dengan pengembangan
server transaksi pulsa ini adalah pendekatan kognitif.
Uji Coba Antarmuka Server Transaksi Pulsa
Adapun tanggapan yang diberikan pengguna mengenai antarmuka yang diberikan sudah
termasuk mudah untuk digunakan, namun dalam penggunaan muncul juga pertanyaan
dari pengguna mengenai beberapa fungsi menu yang ada pada antarmuka server
transaksi pulsa. Pertanyaan yang muncul dari pengguna antarmuka dalam tahap uji coba
antara lain :
1) Halaman apakah yang akan tampil setelah halaman Login ?
2) Apakah kegunaan dari halaman anggota ?
3) Bagaimana dengan masalah downline dan pembagian bonus dalam
pengoperasian antarmuka server transaksi pulsa ?
0 komentar:
Posting Komentar